SELAMAT DATANG......! BUAT AGAN2 PENGGEMAR HANDCRAFT CANTIK, LUCU, UNYU, N UNIK, BOLEH LHO AGAN2 LIHAT2 HAND CRAFT KAMI..., SILAKAN DIORDER KALO AGAN SUKA... ^__^

Kamis, 16 Desember 2010

Facebook'an Yang Sehat ?

"Enggak facebookan, enggak gaul." Itulah sederet kata yang selalu terdengar di kalangan remaja saat ini. Entah mereka menyadari atau tidak, terkadang secara tidak langsung kalimat itu justru membelenggu mereka sendiri. Yah, saat ini sudah banyak dijumpai tanda-tanda penyakit kecanduan facebook. Misalnya saja mereka rela menghabiskan sebagian besar waktu mereka, duduk di depan komputer hanya untuk mengurusi facebook mereka. Hampir setiap hari mereka duduk di depan komputer; membuka facebook mereka; kemudian  dengan rajin meng-Up Date status mereka; dengan rajin juga membaca wall teman2 mereka; mengomentarinya, bahkan yang tak mereka kenal sekalipun. Tak tanggung-tanggung,
sebagian dari mereka bahkan meng-Up Date status mereka lebih dari dua kali setiap harinya, walaupun status sebelunya belum dikomentari. Yah, saking sibuknya, sebagian dari mereka sampai mengisolasi diri untuk sekedar "facebookan".Heummm,, demam facebook. +.+
Ok! itulah fenomena. Sekarang  kita tengok yuk! Apa saja efek dari demam facebook ini..


  • Duduk berjam2 di depan komputer >> Jangan anggap remeh lhoo..!  Hal yang harus diwaspadai dari dampak pola kerja sedentari atau kurang aktif ini adalah meningkatnya kemungkinan mengalami risiko pembekuan pembuluh vena dalam (Deep Vein Thrombosis/DVT) hingga dua kali lipat pada bagian tubuh yang terlipat, misalnya betis. Jika pembekuan ini tidak dicairkan dengan obat pengencer darah, biasanya akan pecah dan terbawa ke paru-paru dan berujung pada emboli paru-paru yang mematikan. 
    • Solusinya >> Lakukan peregangan otot sesering mungkin agar aliran darah tetep lancar.
  • Yang suka ke warnet>> Namanya juga fasilitas umum, semua kalangan bisa menggunakannya. Terkadang kita tidak sadar akan bakteri dan virus mematikan yang berada di tempat kita asyik mengutak-atik isi facebook kita. Permukaan dan sela-sela keyboard komputer bisa menjadi sumber penyakit karena menyimpan kuman berbahaya yang jumlahnya bahkan mungkin melebihi kloset di kamar mandi kita. Tidak heran, kalau berbagai penyakit bisa mengancam kesehatan kita. Belum lagi kalau sambil ngemil dengan tangan terkontaminasi tadi? Heummm..udah deh, itu virus dan bakteri dengan bebasnya masuk ke tubuh kita.
    • Solusinya>> Cuci tangan bersih dengan sabun sampai bersih sbelum makan.
  • Menatap fokus ke komputer berjam-jam >> Salah satu effek dari sering menatap komputer berjam-jam diantaranya yaitu sindrom mata yang baru-baru ini diperingatkan American Optometric Association. Gejala sindrom ini adalah mata perih, sensitif terhadap cahaya, nyeri di leher dan punggung.
    • Solusinya >> Jangan terlalu sering menatap komputer dong,.. hehe
  • Listrik mesin >> Di samping laser printer, asap elektronik juga bisa menjadi ancaman. Tim ahli dari London’s Imperial College menyatakan medan listrik yang timbul dari alat-alat kantor bisa memicu sakit kepala dan masalah lainnya. Tidak heran kalau kita mengalami sakit kepala seusai duduk berjam-jam di depan komputer.
    • Solusinya >> Sama dengan sebelumnya, jangan lama-lama di depan mesin komputer.
  • Bagaimana dengan psikologis kita >> Inilah yang paling benarik untuk penulis, mengurus facebook terkadang memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental. Walaupun tujuan utama dari dibuatnya situs facebook adalah untuk dapat menemukan teman-teman lama atau berkomentar mengenai apa yang sedang terjadi pada rekan kita saat ini, namun terkadang terjadi hal sebaliknya. Terkadang mereka justru tidak lagi menghadiri social gathering, menghindari pertemuan dengan teman-teman atau keluarga, dan lebih memilih berlama-lama menatap komputer (atau ponsel). Ketika akhirnya berinteraksi dengan rekan-rekan, mereka menjadi gelisah karena "berpisah" dari komputernya.
    • Solusi >> perlu sering-sering keluar dari dunia maya ke dunia nyata. Ingat! kita ini benar-benar hidup di dunia nyata. Ok!^^
Itu baru sebagian bahaya saja, masih ada banyak lagi dampak2 yang fatal jika kita terus menuruti keinginan kita untuk mengurus facebook berjam-jam, tanpa memperhatikan tubuh kita sendiri. Semoga banyak patah kata di atas dapat bermanfaat bagi semua pengunjung blog ini. Amiiinnn !!


        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar